Pengertian Struktur Data

Yup jelas sekali kalo anda search di wikipedia, pengertian struktur data adalah sebagai berikut :

Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Menurut saya kalo anda ingin mengerti sesuatu, maka hal dasar yang harus anda lakukan adalah mengerti arti dari istilah tersebut berdasarkan penyusun kata. Dalam hal ini adalah “struktur data”, maka yang perlu anda mengerti adalah terdapat kata struktur dan data. Struktur adalah komposisi, susunan yang teratur, bertahap. Sedangkan data merupakan informasi yang telah diolah.

Maka definisi struktur data adalah komposisi dan susunan teratur dari data, dalam hal ini data dapat di artikan sebagai data secara umum seperti diatas atau data dalam bidang pemrograman komputer. Sayangnya data yang saya maksud di sini adalah data pada pemrograman komputer, sehingga dalam fikiran anda akan terpenuhi dengan tipe data baru, array, record beserta anak cucunya.

Kalo kita bicara mengenai struktur data dalam topik pemrograman komputer, maka kita akan menemui beberapa hal sebagai berikut :

  1. Record
  2. Larik
  3. List
  4. Tumpukan
  5. Queue
  6. Tree

Beruntung sekali pada halaman ini tidak akan saya bahas 6 hal tersebut :D, maunya saya jadikan 7 biar pas. Tapi ntar aja kita kupas secara perlahan. Anggap aja dalam halaman ini anda perkenalan dengan yang namanya struktur data. Tentunya saat anda belajar apapun, pasti ada prasarat yang harus dipenuhi. Prasarat dalam mempelajari struktur data adalah sebagai berikut :

1. Pengantar Ilmu Komputer

Ada yang menyebut istilah ini dengan PIK, apapun juga istilahnya. Saya tetap menyebutnya dengan tahap dimana anda mengenal komputer. Mata kuliah atau studi ini adalah syarat utama dalam mempelajari struktur data. Bagaimana belajar struktur data jika anda tidak mengerti mouse, keyboard, aplikasi dan penggunaan komputer? 😀

2. Algoritma

Algoritma adalah suatu cara untuk mempelajari sebuah permasalahan yang dilihat dari sudut pandang logika, berdasarkan urutan tertentu / runut. Memang secara kompleks tidak saya jelaskan disini. Dengan algoritma anda akan lebih mudah mengerti dalam mempelajari struktur data yang memang dituliskan dengan dengan algoritma menjadi lebih mudah, daripada anda mempelajari struktur data tanpa algoritma. Bayangkan jika anda mengerti program tapi tidak bisa menjelaskan dalam tulisan yang mudah dibaca / tidak seperti pemrograman yang tidak selalu terlihat mudah oleh semua orang. Jadi algoritma ehmmmmmmmmmmmmmm juga syarat wajib agar anda lebih mudah mengerti struktur data.

3. Pemrograman

😀 bayangkan jika anda belajar struktur data tetapi tidak mengerti tipe data? wkekekekeke anda bisa menjawab sendiri bukan?

 

Contoh sederhana (Array dan Antrian):

Contoh dari struktur data adalah antrian, yaitu suatu urutan teratur dari data dimana data yang pertama kali dimasukkan dalam urutan merupakan data yang pertama kali keluar dari urutan. bingung bukan?, yup jika anda bingung maka anda bisa membayangkan urutan tersebut sebagai antrian orang beli karcis, dimana orang pertama yang mengantri adalah orang yang dilayani, begitu seterusnya sampai antrian terakhir. Maka jika dalam pemrograman anda langsung berfikir itu adalah array, tetapi jika hanya array maka anda tidak akan membentuk tipe data baru.

Dalam struktur data, antrian didefinisikan sebagai struktur data baru. Sehingga tidak dalam bentuk array 2×2. Meskipun secara logika anda dapat melakukan itu dalam array.

Yang jadi pertanyaan adalah apakah array dapat menentukan antrian yang pertama, antrian yang tengah, atau antrian yang terakhir? Tentu tidak bukan. Dalam array 2×2 anda hanya menemukan index dan nilai, anda tidak bisa menemukan urutan bahwa yang anda inputkan yang pertama adalah merupakan antrian pertama. Dalam array anda hanya bisa menentukan berdasarkan index dan anda bisa bermain main menggunakan 2 array. Yang dimaksudkan antrian dalam struktur data adalah nilai dalam antrian saling terkait, saya ulangi “saling terkait” sehingga membentuk struktur data berbeda dari tipe data yang telah ada. Sehingga pada era sebelum adanya database program aplikasi membentuk / merancang datanya sendiri sehingga data dapat saling terkait, dimisalkan saja dengan model antrian.

Pengertian sederhana : struktur dari data yang mendeklarasikan tipe data baru, dimana didalamnya terdapat berbagai macam tipe data. hasilnya berupa record, kalo saat ini anda dapat melihatnya seperti database.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s