Pertemuan 5 Struktur Data (linklist)

Waktu : 5 Oktober 2012

Tempat : Ruang Diskusi

Materi : Linklist

Pada pertemuan ini saya mencoba menjelaskan source untuk linklist yang lebih mudah, jika di java. Jika anda di C++ menggunakan struct maka di java kita langsung mengidentifikasikanya sebagai class. Memang tidak sejelas di C++, tetapi menurut hemat saya. source yang saya tulis dihalaman ini dapat mempermudah anda mempelajari linked list atau linklist. Mengingat berdasarkan tugas 4 yang telah saya terima, masih banyak yang rancu mengenai linklist meskipun program yang telah anda buat sangat saya hargai sebagaimana mestinya.

Berikut adalah program sederhana yang menjelaskan linklist yang mungkin dapat anda cari di sumber yang lain :

package linklist1;
class Node {
String nama;
Node next;
}

public class Linklist1 {

public static void main(String[] args) {
Node current = null;
Node first = new Node();
Node second = new Node();
Node third = new Node();

first.nama = “Raden Bagus”;
first.next = second;
second.nama = “2222”;
second.next = third;
third.nama = “Matematika UIN”;
third.next = null;
current = first;
while(current != null) {
System.out.println(current.nama);
current = current.next;
};
}
}

Source Code diatas bisa anda jalankan secara langsung, sengaja saya tuliskan seperti diatas sehingga anda dapat mengerti secara mudah..

Pada pertemuan yang telah kita lakukan tadi pagi, ada 3 source yang saya jadikan perbandingan, diatas adalah salah satunya. hanya source diatas yang saya tulis karena source diatas yang akan menjadi tugas 5 anda.

Tugas 5 :

Berdasarkan source diatas maka buat class baru yang terdiri dari :

  • Insert dan add (awal, tengah dan akhir)
  • Cari (untuk mencari nilai tertentu terletak di node keberapa)
  • Tampilkan (menampilkan node yang telah dimodifikasi)

Input dan output pada program bebas/terserah anda sendiri, dapat menggunakan GUI atau berbasis console

Selamat mengerjakan dan Terima kasih

Leave a Reply

